Keputihan- Keputihan merupakan cairan yang keluar dari dalam vagina atau disebut juga Fluor Albus.  Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi dan bakteri yang dalam tubuh, khususnya daerah vagina.keputihan

 

Saat mengalami penyakit ini, seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari vaginanya. Lendir yang diproduksi oleh serviks atau leher rahim dan kelenjar dalam vagina ini akan keluar dengan membawa sel-sel mati serta bakteri. Dari Jumlah, warna, serta kekentalan lendir karena keputihan tergantung pada siklus menstruasi yang dialami. Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga keputih-putihan, tidak berbau, dan tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina. Apabila mengalami keputihan dengan gejala berbeda, sebaiknya waspada dan segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Baca Juga : Malam pertama

 

Bagaimana cara mengatasi keputihan?

Penyakit jenis ini pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

A. Keputihan Tidak Normal (fisiologis)

Keputihan normal (fisiologis) adalah perubahan dalam keseimbangan vagina dari bakteri normal dapat mempengaruhi bau, warna, atau tekstur lendir. Ini adalah beberapa hal yang dapat mengganggu keseimbangan itu yaitu Antibiotik,Bakteri vaginosis, infeksi bakteri yang lebih sering terjadi pada wanita hamil atau wanita yang memiliki banyak pasangan seksual,pil KB, Kanker serviks,Klamidia atau gonore (PMS), penyakit menular seksual,Diabetes,Douches, sabun wangi atau lotion, sabun mandi,Vaginitis, iritasi di atau sekitar vagina,Infeksi jamur.

Keputihan fisiologis merupakan keputihan normal yang terjadi dan tidak perlu ditakutkan, hal ini yang disebabkan bahwa penyakit jenis ini biasanya akan sering terjadi pada wanita yang sudah mengalami menstruasi. Kondisi tersebut terjadi ketika wanita memasuki tahap kesuburan baik sebelum dan sesudah menstruasi atau pada saat mendapat rangsangan. Adapun gejala dan tanda tanda keputihan fisiologis, yaitu :

  • Jumlah cairan sedikit
  • Warna cairan transparan/bening
  • Tidak menyebabkan rasa gatal di area vagina
  • Cairan nya berbentuk encer
  • Cairan tidak lengket
  • Tidak mengeluarkan bau busuk

Mengatasi keputihan tidak normal bisa dengan mudah, dengan penanganan sendiri terlebih dahulu bisa di lalukan. Di mulai dengan membersihkan vagina dengan cara yang tepat, lalu sering ganti celana atau pun pembalut di saat menstruasi bisa di lalukan. Jika muncul rasa perih dan juga gatal maka mengatasinya bisa dengan mengompres menggunakan air hangat untuk mengurangi gejala yang seperti itu. bisa juga dengan menggunakan obat apabila sudah semakin parah, obat keputihan herbal dari bahan bahan alami bisa di gunakan sehingga akan membantu menghentikan infeksi vagina.

B. Keputihan Abnormal ( Patalogis)

Salah satu penyebab keputihan abnormal adalah kuman, parasit, dan jamur karena beberapa faktor bisa masuk ke dalam vagina. Dan salah satu faktor tersebut adalah kebiasaan yang sebetulnya tidak sehat yakni terlalu sering membersihkan vagina menggunakan bahan bahan antiseptik. Yang perlu diketahui didalam ekosistem vagina hidup beberapa jenis bakteri baik, salah satunya adalah Lactobacillus. Bakteri ini berguna untuk mengubah glikogen yang terdapat didalam sel epitel vagina menjadi asam laktat. Jenis asam ini yang berfungsi untuk menjaga keasaman vagina tetap berada dalam pH 3,8-4,5.

Sehingga vagina harus terus berada dalam kondisi asam agar supaya bakteri bakteri jahat tidak akan mudah hidup dan berkembang di sana. Jika satu dan hal lain kondisi keasaman vagina akan terganggu, maka bakteri baik akan hilang dan bakteri jahat akan hidup dan dapat menyebabkan gangguan pada vagina. Selain itu untuk mengatasi keputihan abnormal , bisa mengkonsumsi banyak air putih, untuk menetralkan cairan yang ada dalam tubuh.

Keputihan jenis ini merupakan tanda penyakit yang akan terjadi pada organ kewanitaan atau pada daerah rahim. Jika keputihan patologis terjadi pada ibu hamil, maka akan bisa menyebabkan salah satu resiko gangguan kesehatan pada bayi yang ada didalam kandungan. Anda pun tanda tanda keputihan yang tidak normal, yaitu :

  • Jumlah cairan banyak serta meninggalkan bercak pada pakaian dalam anda.
  • Cairan umumnya berwarna putih susu, kuning, keabu abuan dan kehujaun
  • Adanya gejala gatal gatal
  • Cairan keputihan tersebut tersebut berbentuk kental
  • Timbulnya bau yang tidak sedap
  • Cairan terkadang lengket

Apabila anda merasakan gejala di atas sebaiknya anda mencari cara cepat mengatasi keputihan dan bisa dengan konsultasi pada dokter atau ahli kesehatan. Banyak wanita yang mengalami jenis penyakit di atas mencoba dengan cara sendiri yang bisa parah kondisi keputihan tersebut seperti minum obat tanpa saran dokter, minum jamu yang tidak direkomendasikan serta menggunakan pembersih yang tidak sesuai saran dokter.

Keputihan dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

 

  • Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintesis
  • Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, sehabis buang air kecil maupun buang air besar.
  • Rusaknya keseimbangan biologis dan keasaman (pH) lingkungan vagina.
  • Ketidak seimbangan hormon.
  • Gejala suatu penyakit.
  • Sering mandi dengan menggunakan air hangat dan panas, jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin akan cepat tumbuh di kondisi hangat.
  • Tidak segera mengganti pembalut saat menstruasi.
  • Tidak menjalani pola hidup sehat pada pola makan yang tidak teratur, tidak pernah olahraga, dan kurang tidur.

Berikut ini ada beberapa cara cepat mengatasi keputihan, yaitu : 

  1. Gunakan pembalut yang tepat

    Untuk cara cepat mengatasi keputihan dengan pilih lah pembalut yang menggunakan bantalan kualitas, mengandung kandungan herbal, dan yang sangat terpenting ganti lah pembalut 4 jam sekali dalam sehari.

  2. Daun sirih

    cara mengobati keputihan

    Daun sirih memiliki kandungan kavinol yang memiliki kegunaan mematikan kuman, kandungan anti oksidan dan anti jamur. Adapun cara yang tepat dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian disiapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panis dan merebus nya, sesudah direbus dingin kan air rebusan tadi dan basuh kan ke seluruh organ pada bagian kewanitaan.

  3. Memperbanyak konsumsi bawang putih

    Selain sebagai bumbu masak, bawang putih juga dipercaya mampu menyembuhkan keputihan, Bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti kuat, dan anti virus memungkinkan mereka untuk menghambat dalam perkembangan bakteri, jamur dan virus. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki kekuatan anti bakteri.

  4. Air mineral wajib dikonsumsi dengan cukup

    Keputihan bisa diatasi dengan meminum air putih yang cukup. Air putih itu diwajibkan dikonsumsi sebanyak delapan gelas atau setara dengan dua liter.Khasiat air putih juga sangat banyak, yaitu untuk mencegah terjadinya kuman atau bakteri yang masuk, menguatkan tulang tulang dan membuat kulit wajah dan tubuh menjadi halus.

  5. Rajin mengganti celana dalam

    Celana dalam, yang sering diganti atau digunakan secara terus-menerus mengakibatkan virus dan bakteri bisa masuk dan membawa efek negativ dalam tubuh. Dalam hal ini adalah vagina, memang cukup sepele jika dipikirkan namun efek nya sangat beragam dan dampak parahnya bisa mengakibatkan kista dan penyakit lainnya. So, rajinlah mengganti celana dalam ya.

  6. Keringkan dan bersihkan organ intim ketika memakai celana dalam

    Ketika habis mandi atau melakukan buang air kecil ataupun besar pasti organ intim wanita akan basah. Dan ketika basah tidak boleh mengenakan celana dalam terlebih dahulu. karena bisa menyebabkan keputihan. makannya jika ingin mengenakan celana dalam diharapkan pada bagian miss V itu harus dalam keadaan kering.

  7. Konsumsi makanan yang seimbangmakanan mengobati keputihan

    Asupan makanan itu memang sangat penting, untuk diserap tubuh. dan makanan yang diserap harus bergizi, sehat, dan higeinis. Terdapat karbohidrat, protein, vitamin, dan serat merupakan makanan yang baik atau juga bisa disebut dengan makanan sehat lima sempurna.

  8. Giat menjalankan olahraga

    Semua orang pasti ingin hidup sehat dan jika ingin hidup sehat salah satunya bisa menjalankan olahraga yang giat. Dan tips mengatasi keputihan juga dapat menjalankan kegiatan ini dengan teratur dan rutin. Selain mengobati keputihan, olah raga rutin juga menjaga kesehatan, kebugaran dan meningkatkan sistem imun dalam diri seseorang. Sehungga seseorang yang rajin berolah raga akan lebih tahan penyakit dari pada seseorang yang jarang berolahraga. isa untuk menyehatkan jantung, mencegah terjadinya sakit persendian, menguatkan tulang tulang, cara mengecilkan paha, perut, dan betis, serta dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Olahraga ini tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam menjalankannya dan tidak memakai instruktur untuk memandunya. Jenis olahraga itu, sangat banyak ada yang melakukan jogging dan jalan cepat. pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda, agar lebih mudah dalam menjalankannya.

 

 

 

 

924 total views, 1 views today

Admin